TUGAS
1 MOBILE PROGRAMMING

MOBILE
APPLICATION



Perangkat Mobile

Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain, dan layout tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari system desktop.

*     Ukuran yang kecil

Perangkat mobile
memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.



*     Memory yang terbatas

Perangkat mobile juga
memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).



*     Daya proses yang terbatas

System mobile tidaklah
setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi, dan biaya adalah
beberapa factor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini.



*     Mengkonsumsi daya yang rendah

Perangkat mobile menghabiskan
sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat
daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi
oleh baterai-baterai.

*     Kuat dan dapat diandalkan

Karena perangkat mobile
selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi
benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.

*     Konekstivitas yang terbatas

Perangkat mobile
memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung.
Kebanyakan dari meeka menggunakan wireless.

*     Masa hidup yang pendek

Perangkat – perangkat
konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu
menyala.



Gambaran J2ME

J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang focus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memory yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterai, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.

Program J2ME , seperti semua program Java adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan ditrjemahkan dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu
dujalankan pada mesin yang berbeda.

Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu system J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.



MIDP

The Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari CLDC. Anda tidak bisa menulis palikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI.

MIDP menggambarkan model aplikasi, UI API, penyimpanan dan jaringan yang kuat, permainan dan media API, kebijakan keamanan, penyebaran aplikasi dan ketetapan over-the-air.

MIDlet

Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy. MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition,midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD).



Types of Mobile Applications

Based on technology used

*     Server-Request Based

*     SMS based

*     SIM-card based

*     Mobile Equipment Based



Server-Request Based

·        Mobile Equipment (ME) merequest data
dari server.

·        WAP. Menggunakan WML, sebuah markup
language khusus berbasis XML.


Keuntungan :
ü  Platform Independent
ü  Mudah diterapkan
ü  Jenis aplikasi beragam

Kerugian :
ü  Masih banyak ME yang tidak support WAP.
ü  Pembayaran untuk data.
ü  Interface terbatas

Implementasi :

·        Menggunakan Web Server dengan setting tambahan di configurasi

·        File WML dibuat selayaknya membuat file HTML

SMS based

·        SMS : Short Message Service.

·        Pengiriman pesan singkat antar ME / dengan sebuah server Terbatas ± 160 characters.

Keuntungan :

ü  Platform Independent

ü  ME sebagian besar sudah dapat menerapkan SMS

Kerugian :

ü  Pembayaran untuk setiap aksi.

ü  Interface hanya text, user harus ingat perintah

ü  Panjang text sangat terbatas

Implementasi :

·        Menggunakan interface antara ME dengan server

·        Aplikasi menunggu data dari interface dan mengirim data melalui interface tersebut


SIM-card based

·       
Aplikasi diletakkan di atas SIM-card

·        Aplikasi dapat diakses melalui menu baru yang akan muncul di ponsel.

·        Javacard. Khusus untuk javacard aplikasi bersifat downloadable.

·        Pengiriman data lewat SMS

Keuntungan :

ü  Platform Independent

ü  Data disimpan secara lokal dan dapat digunakan bila berganti ME


Kerugian :

ü  Size terbatas.

ü  Aplikasi harus sangat kecil Sulit diterapkan

Implementasi :

·        Download Javacard.

·        Gunakan Simulator



Mobile Equipment based

·        Aplikasi diletakkan di Mobile Equipment

·        Contoh Pemrograman di atas Symbian OS

·        Pengiriman data SMS.

Keuntungan :

ü  Interface sangat mudah

ü  Jenis aplikasi sangat beragam, bahkan dapat digunakan untuk aplikasi berat

Kerugian :

ü  Platform Dependent

ü  Bila mengubah ME kemungkinan aplikasi dan data tidak dapat digunakan


Based on function

*     Information
Pengiriman informasi ke ME user

*     Communications
Komunikasi antara user dengan satu atau lebih user lain.

*     Entertainment
Aplikasi menghibur seperti Games.

*     Productivity Tools
Aplikasiyang dapat meningkatkan produktivitas walaupun sedang berpindah

*     Commerce and Banking
Banking. Jual beli melalui ME.

*     Location based
Aplikasi yang mengubah data sesuai dengan lokasi user. Lokasi dapat ditentukan oleh GPS
dan sel yang ditempati oleh user



0 komentar:

Posting Komentar