E-COMMERCE


E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual - beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.
Tujuan dari aplikasi e-commerce adalah :
  1. Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser
  2. Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc)
  3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
  4. Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
  5. Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
  6.  
  • FAKTOR PENDUKUNG E-COMMERCCE :

1.Cakupan yang luas
2.Proses transaksi yang cepat
3.E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
4.E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat 
  
KARAKTERISTIK E-COMMERCE :

Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
 JENIS-JENIS E-COMMERCE :
1.Busines to Busines (B2B)
2.Bussines to Cunsumer (B2C)
3.Consumer to Consumer (C2C)
4.Consumer to Bussines (C2B)
5.Non-Bussines Electronic Commerce
6.Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce.

0 komentar:

Posting Komentar